Jumat, 13 November 2009

Analisis Tembang Dolanan Sluku-Sluku Bathok

Transkrip

SLUKU-SLUKU BATHOK

Sluku-sluku bathok
Bathoke ela elo
Si rama menyang Solo
Oleh-olehe payung mutha
Mak jenthit lolobah
Wong mati ora obah
Yen obah medeni bocah
Yen urip golek dhuwit

Translit

AYUN-AYUN KEPALA

Ayun-ayun kepala
Kepalanya geleng geleng
Si bapak pergi ke Solo
Oleh-olehnya payung mutha
Secara tiba-tiba begerak
Orang mati tidak bergerak
Kalau bergerak menakuti orang
Kalau hidup carilah uang








Penafsiran
Sebuah pencerahan, bahwa hidup tidak boleh dihabiskan hanya untuk bekerja. Waktu istirahat ya istirahat untuk menjaga jiwa dan raga agar selalu dalam kondisi seimbang.
Sluku-sluku bathok, artinya bathok kepala kita perlu beristirahat untuk memaksimalkan kemampuannya, kalau diforsir terus bisa aus, stress dan macet daya pikirnya.

Bathoke ela-elo berarti dengan cara berdzikir, ela-elo sama dengan laa ilaa ha illallah, mengingat Allah akan mengendurkan saraf di otak. Lalu si rama menyang solo berarti siram atau mandilah atau bersuci menuju solo (sholat) lalu dirikanlah sholat.

Oleh-olehe payung mutha mengartikan yang sholat akan mendapatkan perlindungan (payung) dari Allah. Kalau Allah sudah melindungi maka tak ada satupun di unia ini yang kuasa menyakiti kita.

Tak jendhit lolobah berarti kematian itu datangnya tiba-tiba dan tak ada yang tahu, tak bisa dimajukan atau dimundurkan walau sesaat, sehingga saat kita masih hidup kita harus senantiasa bersiap dan waspada untuk mengumpulkan amal kebaikan sebagai bekal untuk dibawa mati kelak.
Yen obah medheni bocah artinya saat kematian datang semua sudah terlambat, kesempatan beramal hilang. Banyak yang minta ingin dihidupkan tapi Allah tidak mengizinkan, karena jika mayat hidup lagi maka bentuknya menakutkan dan mudharatnya akan lebih besar.

Yen urip goleke duwit berarti kesempatan terbaik untuk bekarya dan beramal adalah saat ini. Saat masih hidup ingin kaya, ingin membantu orang lain, ingin membahagiakan orang tua sekaranglah saatnya. Ketika uang dan harta benda masih bisa menyumbang bagi tegaknya agama Allah. Sebelum terlambat, sebelum segala pintu keselamatan tertutup.

Tidak ada komentar:

Searching