Senin, 16 November 2009

FAKTOR PENYEBAB TIDAK SESUAINYA PESAN

Menurut saya, ada empat faktor yang menyebabkan pesan yang dikirim oleh penutur tidak dapat ditangkap sempurna oleh mitra tutur.


  1. Fisik

Tubuh manusia setiap manusia memiliki ciri yang berbeda-beda, hal tersebut disebabkan oleh faktor alamiah ataupun lemahnya fungsi suatu organ akibat masa waktu. Fisik dalam hal ini merupakan organ-organ yang berkaitan dengan proses komunikasi. Bilamana organ-organ tersebut tidak bekerja dengan sepenuhnya, besar kemungkinan akan menyebabkan pesan yang dikirmkan kepada kita tidak dapat diterima sepenuhnya. Misalnya (bibir sumbing, gendang telinga rusak).


  1. Latar belakang penutur maupun mitra tutur

Latar belakang juga merupakan proses penghambat komunikasi. Latar belakang disini ialah sesuatu yang menjadi karakter baik seorang penutur maupun mitra tutur, akibat domisili masa lalu. Latar belakang dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu latar belakang sosiologis, latar belakang antropologis, dan latar belakang psikologis.

  • Latar belakang sosiologis

Menurut Ferdinand Tonnies, kehidupan manusia di dalam masyarakat diklasifikasikan dalam dua jenis pergaulan (a) Gemeinchaft : pergaulan hidup yang bersifat pribadi, statis. (b) Gesellschaft : pergaulan hidup bersifat tidak pribadi, dinamis.

  • Latar belakang antropologis

Bangsa kita adalah bangsa yang kaya akan kebudayaan. Dari Sabang hingga Merauke entah berapa suku yang ada, sehingga juga entah terdapat berapa bahasa yang daerah yang ada di Indonesia ini. Kemajemukan inilah yang dapat menyebabkan proses komunikasi tidak lancar. Hal-hal yang berkaitan dengan argument ini ialah makna atau unsur semantis yang dilontarkan baik oleh penutur maupun mitratuturnya.

  • Latar belakang psikologis

Diri seseorang jika hendak mengalami proses komunikasi juga berdampak pada hasil komunikasi tersebut. Hal ini juga bisa terjadi pada komunikataor maupun komunikan. Misalnya stress berat yang dialami oleh penutur maupun mitra tutur.


  1. Lingkungan

Lingkungan dimana kita berproses komunikasi juga bisa menghambatnya. Banyak berbagai faktor yang menyebabkan lingkungan sebagai salah satu penghambat komunikasi. Misalnya faktor ekologi (suara kapal terbang melintas, hujan deras, suara riuh orang lain, suara kendaraan lalu lintas dan sebagainya). Hal ini sering kita jumpai dalam melakukan proses komunikasi, oleh karena itu cara mengatasinya setiap orang memiliki persepsi yang berbeda-beda pula.


  1. Skemata

Sebelum kita melakukan proses komunikasi, terdapat sebuah skemata yang akan kita floor-kan ke mitra tutur. Skemata tersebut berupa pengetahuan sebelumnya mengenai topik yang akan kita komunikasikan. Setiap orang mempunyai pengalaman atau pengetahuan yang tidak sama, pengetahuan yang sempit berpeluang besar tidak sanggup menerima konsep yang diberikan oleh lawan komunikasinya. Bagaimana cara mengatasinya, kita harus mengenal siapa lawan komunikasi kita, bagaimana pengetahuan atau konsep beliau sebelumnya. Hal tersebut, dapat kita analisis dari latar belakang akademiknya waktu masa lalu apakah beliah seorang pakar ilmu tertentu.


Tidak ada komentar:

Searching