Jumat, 13 November 2009

TATA BAHASA GENERATIF TRANSFORMASI

Tata bahasa generatif transformasi dikemukakan oleh Noam Choamsky. Dalam bukunya yang berjudul syntactic structure diutarakannya bahwa bahasa berkaitan dengan aktivitas mental yang sehubungan juga dengan probabilitas dan bukan berhadapan dengan data kajian yang tertutup dan selesai sehingga dapat dianalisis dan dideskripsikan secara pasti. Akibat konsep tersebut bahwa teori merupakan sebuah hipotesis yang memiliki hubungan secara internal antara yang satu dengan yang lainnya. Hipotesis tersebut memiliki dua ciri, pertama berisi pernyataan yang berfungsi untuk memahami sesuatu secara sementara yang dikembangkan melalui strategi heuristik dan kedua merupakan kreasi intelek yang sistematik, teliti tetapi sekaligus bersifat tentatif. Chomky menggunakan pendekatan generatif sebagai metode paten yang ia gagas. Sehubungan dengan tersebut maka pengertian tata bahasa genratif merupakan tata bahasa yg berusaha menampilkan seperangkat kaidah kalimat yg terbatas dari kalimat yg tak terbatas jumlahnya. Selanjutnya Chomsky memiliki tahapan dalam kajian teorinya, dalam teori TGT-1 pola struktur bahasa dapat diibaratkan dengan finite state language (bahasa statu terbatas) yang sekaligus juga berkedudukan sebagai finite state grammar (tata bahasa statu terbatas). Perkembangan teori tersebut disebut tata bahasa struktur frase. Melalui struktur tersebut dapat ditampilkan suatu model perbandingan antara tata bahasa statu terbatas, tata bahasa struktur frase dan tata bahasa transformasi. Maka dapat kita tarik benang merah bahwa dalam teorinya yang pertama mengarah untuk pembentukan kelas berdasarkan ciri struktur frase hal tersebut sejalan dengan kaidah transformasi. Teori kedua (TGT-2) mencakup tentang komponen semantic, sintaktik dan fonologis, sehubungan dengan sintaktik didalamnya terdapat BASE yang berkaitan dengan komponen kategorial dan leksikon. Pada tataran leksikon terdapat strict subcategorization. Dalam teori ini keberadaan kaidah transformasi setelah dihubungkan dengan kaidah struktur frase bersifat mempertahankan makna dengan jalan penyematan atau embedding. Gagasan tersebut sejalan dengan kajian linguistik bersasaran pada competence bukan performance. Dalam TGT-3 kedudukan semantik sudah sebagai dasar pengembangan tata bahasa. Hal ini terlepas dari keterhubungan komponen semantic dengan komponen sintaktik. Di dalam komponen semantik terdapat struktur dalam dan luar yang menuju ke representasi semantis. Pada TGT-4 Chomsky menentukan leksikon dan kaidah leksikal dan gramatikal lalu menuju ke struktur lahir, kaidah fonologi dan menuju ke representasi fonetis.

Sedangkan pada fase teori standart yang diperluas terdapat sebuah kelompok yang menamakan relasional gramar yang dipelopori oleh Perlmutter dan Postal sebagai pecahan dari kelompok transformasi. Kelompok ini seperti kaum strukturalis yang menganut tata bahasa transformasi. Mereka membahas mengenai struktur klausa yang terlepas dari konteks wacana. Hal tersebut bertujuan untuk menggali kaidah bahasa semesta. Kajian yang dibahas sama dengan kelompok TT tetapi kelompok ini lebih focus ke bahasa selain bahasa Inggris dengan jalan pemasifan dengan perubahan relasi gramatikal.struktur klausa TR terdiri atas jaringan relasional, jaringan ini terbagi atas tiga kesatuan, yaitu nodes (yang menggambarkan unsur-unsur struktur), relational signs (relasi gramatikal yang menghubungkan antara satu unsur dengan unsur lainnya), dan coordinates (menggambarkan pada tataran/levels yang mana unsure itu menggunakan relasi gramatikal yang tertentu terhadap unsur lainnya. Relasi gramatikal memiliki kedudukan khusus yang dinamakan suku dan bukan suku / chomeur (konstituen yang menganggur). Hal ini berhubungan dengan prinsip relational Annihilation law yang mengatakan bahwa suatu kontituen chomeur tidak boleh lagi menduduki fungsi gramatikal. Kelemahan dari teori ini adalah chomeur masih memperlihatkan penyesuaiannya dengan konstruksi verba dalam kontruksi kalimat bahasa Aceh.

2 komentar:

sartini mengatakan...

hay Adiel..
gw jg mhasswa smester 5 d slh 1 univ d negri bebek (misalnya), boleh dong yah kita share ttg ilmu sastra.. gw liat daftar category lu, isinya mata kuliah gw semua itu... yg slama ini bikin gw error ^^

Herry mengatakan...

TGT = GTG ya???

Searching

Memuat...