Minggu, 28 Juni 2009

ALIRAN PRAHA

Aliran praha pertama-tama dikemukan oleh The Linguistic Circle of Prague. Kelompok ini berdiri pada bulan oktober 1926. Dalam bukunya yang pertama yang berjudul Travaux du Cercie Linguistic de Prague berisi sembilan tesis yang dispesifikasikan menjadi tiga bagian. dalam tesis pertama lebih menekankan pada pengkajian kembali mengenai masalah metodologi, analisis kronik mengenai fakta kontemporer, metode komparatif, dan hukum tata bahasa. Pada tesis yang kedua The Linguistic Circle of Prague membahas sehubungan dengan aspek bunyi dan kata. Jikalau pada tesis yang kedua ia mengupas mengenai system gramatiknya pada tesis yang ketiga The Linguistic Circle of Prague membahas tentang fungsi-fungsi bahasa yang berbeda-beda, sejauh fungsi-fungsi tersebut mengakibatkan perubahan dalam struktur gramatikal dan struktur bunyi.

Nikolai Sergeyevich Trubeckoj yang pernah menjadi rector Universitas Moscow ini berpredikat sebagai anggota aliran Praha yang tidak berasal dari Czechoslovakia. Ia membagi tiga fungsi bahasa menjadi fungsi ekspresif, fungsi appeal, dan fungsi referensi pada keadaan. Untuk kajian fonologi itu sendiri Trubeckoj mendiskripsikan ciri-ciri bunyi menjadi tiga fungsi yakni kulminatif, delimitatif dan distingtif. sedangkan untuk ciri-ciri bunyi yang bersifat membedakan dalam bahasa yg berbeda vocalic qualities, consonantal qualities, dan prosodic qualities.

Untuk fungsi distingtif diperlukan suatu oposisi sebagai pembeda. Trubeckoj mengklasifikasikan oposisi berdasarkan system oposisi itu tersebut menjadi bilateral dan propotional. Kalau dihubungkan dengan kedua bagian oposisi tersebut bias bersifat privative, gradual, dan equipollent. Jikalau didasarkan pada tingkatan kemampuan oposisi-oposisi ini bersifat netralizable dan constant.

Selain Trubeckoj beberapa ahli linguistic lain juga mengungkapkan argumennya. J. Winteler berpendapat dalam studi dialek membedakan dua macam oposisi bunyi, yaitu oposisi yg melibatkan perbedaan gramatikal dan semantik dan opisisi yg tidak melibatkan hal diatas. Tokoh linguis Amerika Saussure membedakan bunyi yang merupakan materi dari signifiant yg bukan untuk mempelajari bunyi parole dan juga bukan untuk mempelajari unsure yg membedakan signifiant dalam langue.

Pada subbab terakhir kita akan membahas fonologi itu sendiri yang sepertinya menjadi kata kunci pada bab ini. Trubeckoj beranggapan fonem merupakan image bunyi umum yang terpendek dalam suatu bahasa, yg dapat dihubungkan dengan gambaran makna dan dapat mebedakan kata-kata. Sedangkan N.P Jakovlev berujar fonem merupakan setiap ciri bunyi yang dapat dipisahkan dari untaian tuturan sebagai elemen yang terpendek yang digunakan untuk membedakan unit-unit makna.

1 komentar:

rendhy jha dech mengatakan...

kk. .

masukin smua tentang aliran praha dund. .

jenis-jenis,manfaaat,latar belakang,tujuan,,
smua na dech. .


trims. .

Searching